Workshop Optimalisasi Integrasi Sistem Informasi Kopertis Wilayah VI Tahun 2017

Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 21-22 Februari 2017 kopertis wilayah VI mengadakan Workshop Optimalisasi Integrasi Sistem Informasi di Grand Wahid Hotel Salatiga. Tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pemahaman operasional Sistem Informasi Integrasi Kopertia Wilayah VI Jawa Tengah oleh Perguruan Tinggi Swasta.
  2. Memberikan pengetahuan layanan baru pada Sistem Informasi Integrasi Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, sehingga bisa dimanfaatkan oleh Perguruan Tinggi Swasta.
  3. Menciptakan kondisi data yang baik pada sistem informasi integrasi Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah.

Hasil dari kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kopertis Wilayah VI mempelopori pembuatan sistem informasi jabatan fungsional online yang di beri nama SIJAGO (SISTEM INFORMASI JAFA GO ONLINE). SIJAGO ini produk buatan Kopertis Wilayah VI dan belum ada Kopertis Wilayah yang lain.
  2. Sistem pengajuan JAFA online akan dimulai pada tanggal 1 Maret 2017. Sebelum SIJAGO dibuka secara resmi pada tanggal 1 Maret diharapkan semua dosen PTS melakukan uji coba sistem baru ini. SIJAGO dapat diakses melalui alamat dev.kopertis6.or.id/dosen_bs (username: NIDN, password: sijago).
  3. Uji coba ini akan ditutup pada tanggal 1 Maret 2017 dan data hasil uji coba akan dihapus semuanya oleh admin SIJAGO.
  4. Ngadiyanto, S.T, M.Kom sebagai nara sumber menyatakan bahwa proses pengajuan JAFA memerlukan waktu kurang lebih dua bulan, baik itu pengajuan JAFA baru atau naik tingkat.
  5. Selain menjelaskan tentang SIJAGO, Pak Ngadiyanto juga menjelaskan target Kopertis Wilayah VI di tahun 2017 adalah meningkatkan status akreditasi Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah VI dari nilai C ke B meningkat menjadi 70%. Tujuan peningkatan nilai akreditasi ini adalah untuk menjaring mahasiswa dari luar provinsi Jawa Tengah agar masuk ke Jawa Tengah.
  6. Pak Ngadiyanto juga menjelaskan bahawa Kopertis Wilayah VI sedang mengembangkan sistem informasi akreditasi online yang diberi nama SAPTO (Sistem informasi Akreditasi Perguruan Tinggi Online).
  7. Nurkhols, S,Kom selaku programmer dari Kopertis Wilayah VI menyarankan agar setiap PTS membanyun repository sendiri guna mendukung SIJAGO dan SAPTO. Repository yang di anjurkan adalah OJS (Open Jurnal System) atau SLiMS (Senayan Library Management System).
  8. Pak Nurkholis juga menjelaskan bahwa SIJAGO yang akan diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2017 masih dalam tahap pengembangan, oleh karena itu Pak Nurkholis meminta untuk tiap-tiap dosen dari masing-masing PTS untuk mencoba SIJAGO. Apabila ditemukan error sistem (bug) dalam SIJAGO dapat dilaporka ke datainfo@kopertis6.or.id

Inilah hasil Workshop Optimalisasi Integrasi Sistem Informasi Kopertis Wilayah VI Tahun 2017 yang dapat penulis sampaikan. Mari kita dukung program kerja Kopertis Wilayah VI dengan cara mencoba SIJAGO.


Post Terkait

Comments